A.teknik-teknik komunikasi pendidikan
1.komunikasi informative
Suatu Pesan Yang Disampaikan Seseorang Atau
Sejumlah Orang Tentang Hal-Hal Yagn Baru Diketahuinya
2.Komunikasi Persuasif
Proses mempengaruhi sikap,pandangan atau
prilaku seseorang dalam bentuk kegiatan membujuk atau mengajak sehingga ia
melakukan dengan kesadaran diri.
3.Komunikasi instruktif
Komunikasi
yang mengandung ancaman,sangsi dan lain-lain ynag bersifat paksaan ,sehingga
orang –orang yang dijadikan sasaran melakukan sesuatu secara paksa,karena takut
akibatnya
Atas
dasar pemiikiran tersebut ,maka pada bagian pengelolaan proses belajar mengajar
akan ditinjau dari dua pendekatan yaitu konsep pendekatan konseptual dan
pendekatan oprasional.
a.pendekatan konseptual
pengeloalaan
kelas dalam proses belajar mengajar dengan pendekatan konseptual adlah kegiatan
pengelolaan yang berkaitan dengan penyusunan rancangan pembelajaran .proses
pembelajaran adalah kegiatan yang berlangsung di kelas dengan sasaran utamanya adalah
pengoprasian tujuan pembelajaran
langkah
pertama adalah rumusan tujuan intruksional dalam tujuan khusus pembelajaran
sebagai penjabaran dari rumusan tujuan umum pmeblajaran .langkah kedua adalaah
kegiatan belajar mengajar atau sering juga disebut dengan kegiatan belajar
mengajar.langkah in dilakukan dalam tiga tahap,yaitu pendahuluan inti
pembelajaran dan penutupan.
Nana
(1989:147-148) menyebutkan secara umum
ada tiga tahap
1.tahap pertama
( praintruksional )
2.tahap keddua (intruksional)
3.tahap ketiga( penilaian dan tindak lanjut )
b.pendekatan oprasionalnyata dalam kelas.
tindak
lanjut dari pendekatan konseptual dalam proses belajar mengajar adalah
pengoprasian rancangan pembelajaran dalam bentuk kegiatan rancangan tersebut
biasanya berisi hal-hal ynag mendasar sebagai pedoman atau pegangan bagi para
guru.
2,prinsip komunikasi dalam pendidikan
prinsip-prinsip komunikasi seperti halnya fungsi dan
identifikasi komunikasi mempunyai uraian yang beragam sesuai dengan konsep yang
dikembangkan oleh masing-masing pakar.
Terdapat
12 prinsip yang dikatakan sebagai penjabaran lebih jauh lagi definisi dan
hakikat komunikasi yaitu :
1.komunikasi adalah suatu proses simbolik
Komunikasi
adalah suatu yang bersipat dinamis,sirkular dan tidak berakhir pada suatu
titik,t api terus berkelanjutan.salah satu kebutuhan poko manusia.lambang tau
symbol adalah sesuatu yang digunakan untuk menunjukan sesuatu yang
lainnya,berdasarkan kesepakatan sekelompok orang.
lambang
adalah salah satu kateg tanda.hubungan tanda dengan objek dapat juga
dipresentasikan oleh ikon dan indeks,namun ikon dan indeks tidak memerlukan
kesepakatan.ikon adlah benda dua atau tida imensi yang menyerupai apa yang
dipresentasikannya.
2.setiap prilaku mempunyai potensi komunikasi
Setiap
ornag tidak bebas nilai pada saat orang tersebut tidak bermkasud
mengkomunikasikan sesuatu tetapi dimaknai oleh ornag lain maka orang t ersebut
sudah terlibat dalam proses komunikasi,gerak tubuh ekspresi wajah bias ditandai
oleh seseorang sebagai sebagai stimulus
3.komunikasi punya dimensi isi dan hubungan
Setiap
pesan komunikasi mempunyai dimensi isi dimana dari dimensi ini tersebut kita
bias memprediksi dimens ihibingan yang ada di atara pihak-pihak yang melakuka proses komunikasi.percakapan dua
orang sahabat dan anatara dosen dan mahasiswa dikelas berbeda memiliki dimensi
yang berbeda.
Dimensi isi disandi secar verbal,sementara dimensi
hubungan disandi secara non
verbal.dimensi isi di isi dengan muatan komunikasi ,yaitu apa yang
dikatakan .sedangkan isi hubungan menunjukan bagaimana cara mengatakan dan juga
mengisyaratkan bagaimana hubungan para peserta komunikasi itu dan bagaimana
sehrusnya pesan itu ditafsirkan.
4.komunikasi itu berlangsung dalam berbagai tingkat
kesengajaan
Setiap
tindakan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang bias terjadi mulai dari
tingkat kesengajaan yang rendah artinya tindakan komunikasi yang tidak
direncanakan ,sampai pada tindakan komunkasi
yang betul-betu disengaja
Niat
atau kesengajan bukan hal mutlak bagi seseorang untuk berkomunikasi.dalam
komunikasi antara Orang-orang yang berbeda budaya ktidak sengajaan berkomunikasi ini lebih
relevan lagi untuk kita perhatikan.banyak kesalah pahaman antar budaya
sebenarny disebabkan oleh prilaku seseorang yang tidak sengaja yang dipersepsi,ditafsirkan
dan direspon oleh budaya lain.
5.komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu
Pesan
komunikasi ynag disampaikan oleh komunikan baik secara verbal maupn non verbal
disesuaikan dengan tempat dimana proses
komunikasi tersebut berlangsung kepad pesan itu disampaikan dan kapan itu
berlangsung.
Waktu
jug amemperngaruhi makna terhadap suatu pesan.dering telepon pada tengah malam
atau dini hari akan dipersepsi lain bila dibandingkan dengan dering telepon
siang hari.dering telepon pertama itu mungkin berita yang sangat penting
sekali,misalny auntuk mengabarkan ornag sakit ,kecelakan atau meniggal.
6.komunikasi melibatkan prediksi peserta komunikasi
Tidak
dapat dibayangkan jika sesorang melakukan tindakan komunikasi di luar norma
yang berlaku dimasyarakat.jika kita tersnyum maka kita memprediksi bahwa pihak
penerima akan membalas dengan senyuman,jika kita menyapa seseorang maka orang
tersebut akan membalas sapaan kita.
Ketika
orng-orang berkomunikasi ,mereka
meramalkan efek prilaku komunikasi mereka.dengan kata lain,komunikasi juga
terikat dengan aturan tatakrama.artinya orang-orang memilih strategi tertentu
berdasrkan bagaimana orang yang menerima pesan akan direspon.
7.komunikasi itu bersipat sistematik
Dalam
diri setiap orang mengandung sisi internal yang dipengaruhi oleh latar belakang
nudaya,nilai,adat,pengalaman dan pendidikan.bagaimana seseorang berkomunikasi
dipengaruhi beberapa hal internal tersebut.
8.semakin mirip latar belakang sosial budaya semakin
efektiplah komunikasi
Jika
dua rang melakukan komunikasi berasal dari suku yang sama,penidikan yang sama
maka aka nada kecenderungan dua pihak tersebut mempunyai bahan yang sama untuk
saling dikomunikasikan kedu apihak mempunyai makna yang sama terhdap simbo yang
saling ditukarkan.
9.komunikasi bersiapt nonkonsekuensi
Proses
komunikasi bersipat sirkular dalam arti tidak berlangsung satu arah.melibatkan
respon atau tanggapan sebagai bukti bahwa pesan yang dikirimkan itu diterima
dan dimengerti.
10.komunikasi bersipat prosesual,dinamis dan
transaksional
Konsekuensi
dari prinsip bahwa komunikasi adalah sebuah proses komunikasi itu dinamis
dan transaksional.ada proses saling member dan menerima informasi antara pihak
ynag melakukan komunikasi.
11.komunikasi bersipat irreversible
Setiap
orang yang melakukan proses komunikasitidak dapt mengontrol sedemikian rupa
terhadp efek yang ditimbulkan oleh pesan yang ditimbulkan oleh pesan yang
dikirimkan.komunikasi tidak dapt ditarik kembali jika seseorang sudah berkata
menyakiti orang lain.maka efek sakit hati tidak akan hilang nbegitu saja pada
diri sendiri orang tersebut.
12.komunikasi bukan panasea untuk menyelesaikan
berbagi masalah
Dalam
arti bahwa komunikasi bukan satu-satunya obat mujarab yang dapat digunakan
untuk menyelesaikan maslah .banyak persoalan dan konflik antar manusia
disebabkan oleh masalah komunikasi .namun komunikasi bukanlah pasnasea untuk
menyelesaikan maslah atau konflik itu,karena konflik atau persoalan tersebut
mungkin berkitan dengan maslah structural.
B.prinsip-[rinsip komunikasi efektip
1.prinsip respect
Prinsip
pertama dalam mengembangkan komunikasi yang efktip adalah sikap menghargai
setiap individu yang akan menjadi sasaran pesan yang disampaikan .guru dituntut
untuk memahami bahwa ia harus bias menghargai setiap orang siswa ynag
dihadapinya.rasa hormat dan rasa saling menghargai merupakan prinsip ynag
peertama dalam berkomunikasi.
Salah satu prinsip ynag paling dalam sipat dasar manusia adalah kebutuhan
untuk dihargai,penghargaan terhadap individu adalah suatu kebutuhan yang harus
dipenuhi.
2.prinsip emphaty
Empati
adalah kempuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang
dihadapi oleh orang lain.salah satu persyaratan utamadalam memiliki sikap
empati adlah kemampuan kita untuk mendengarkan atau mengerti erlebih dahulu
sebelum didengarkan atau dmengerti oleh orang lain.
Dengan
memahami dan mendengarkan orang lain terlebih dahulu ,kita dapat membangun
kterbukaan dan kepercayaan yang kita perlukan dalam membanun kerjasama atau
sinergi dengan ornag lain.
3.prinsip audible
Dapat
didengarkan atau dimiengerti dengan baik berbeda dengan prinsip yang kedua
yakni empati dimana guru harus mendengar terlebih dahulu ataupun mampu menerima umpan balik dengan
baik ,maka audible adlah menjamin bahwa pesan yang disampaikan dapat diteriam
olehpenerima pesan dengan baik.
4.prinsip clarity
Adalah
sebuah kejelasan dari is ipesan yang disampaikan suapaya tidak menimbulkan
multi interpretasi atau berbagai macam penafsiran atau clarity dapat pula
keterbukaan dan transparasi.dalam berkomunikasi kita perlu mengembangkan sikap
terbuka sehingga dapt menimbulkan rasa
percaya.
5.prinsip humble
Dalam
mebangun komunikasi yang efektip adalah sikap rendah hati yang ,sikap ini
merupakan unsure yang terkait dengan hokum pertama untuk membangun rasa
menghargai orang lain,biasanya didasari oleh sikap rendah hati yang
dimiliki.rendah hati merupakan suatu cara agar
orang lain merasa nyaman karena ia mersa sejajar sehingga memudahkan
komunikasi dalam dua arah
0 komentar:
Posting Komentar