• adam
  • Selasa, 22 Maret 2016

    RANGKUMAN


    A.teknik-teknik komunikasi pendidikan
    1.komunikasi informative
                  Suatu Pesan Yang Disampaikan Seseorang Atau Sejumlah Orang Tentang Hal-Hal Yagn Baru Diketahuinya
    2.Komunikasi Persuasif
                  Proses mempengaruhi sikap,pandangan atau prilaku seseorang dalam bentuk kegiatan membujuk atau mengajak sehingga ia melakukan dengan kesadaran diri.
    3.Komunikasi instruktif
                Komunikasi yang mengandung ancaman,sangsi dan lain-lain ynag bersifat paksaan ,sehingga orang –orang yang dijadikan sasaran melakukan sesuatu secara paksa,karena takut akibatnya
                Atas dasar pemiikiran tersebut ,maka pada bagian pengelolaan proses belajar mengajar akan ditinjau dari dua pendekatan yaitu konsep pendekatan konseptual dan pendekatan oprasional.
    a.pendekatan konseptual
                pengeloalaan kelas dalam proses belajar mengajar dengan pendekatan konseptual adlah kegiatan pengelolaan yang berkaitan dengan penyusunan rancangan pembelajaran .proses pembelajaran adalah kegiatan yang berlangsung di kelas dengan sasaran utamanya adalah pengoprasian tujuan pembelajaran
                langkah pertama adalah rumusan tujuan intruksional dalam tujuan khusus pembelajaran sebagai penjabaran dari rumusan tujuan umum pmeblajaran .langkah kedua adalaah kegiatan belajar mengajar atau sering juga disebut dengan kegiatan belajar mengajar.langkah in dilakukan dalam tiga tahap,yaitu pendahuluan inti pembelajaran dan penutupan.
                Nana (1989:147-148)  menyebutkan secara umum ada tiga tahap
    1.tahap pertama  ( praintruksional )
    2.tahap keddua (intruksional)
    3.tahap ketiga( penilaian dan tindak lanjut )
    b.pendekatan oprasionalnyata dalam kelas.
                tindak lanjut dari pendekatan konseptual dalam proses belajar mengajar adalah pengoprasian rancangan pembelajaran dalam bentuk kegiatan rancangan tersebut biasanya berisi hal-hal ynag mendasar sebagai pedoman atau pegangan bagi para guru.
    2,prinsip komunikasi dalam pendidikan
    prinsip-prinsip komunikasi seperti halnya fungsi dan identifikasi komunikasi mempunyai uraian yang beragam sesuai dengan konsep yang dikembangkan oleh masing-masing pakar.
                Terdapat 12 prinsip yang dikatakan sebagai penjabaran lebih jauh lagi definisi dan hakikat komunikasi yaitu :
    1.komunikasi adalah suatu proses simbolik
                Komunikasi adalah suatu yang bersipat dinamis,sirkular dan tidak berakhir pada suatu titik,t api terus berkelanjutan.salah satu kebutuhan poko manusia.lambang tau symbol adalah sesuatu yang digunakan untuk menunjukan sesuatu yang lainnya,berdasarkan kesepakatan sekelompok orang.
                lambang adalah salah satu kateg tanda.hubungan tanda dengan objek dapat juga dipresentasikan oleh ikon dan indeks,namun ikon dan indeks tidak memerlukan kesepakatan.ikon adlah benda dua atau tida imensi yang menyerupai apa yang dipresentasikannya.
    2.setiap prilaku mempunyai potensi komunikasi
                Setiap ornag tidak bebas nilai pada saat orang tersebut tidak bermkasud mengkomunikasikan sesuatu tetapi dimaknai oleh ornag lain maka orang t ersebut sudah terlibat dalam proses komunikasi,gerak tubuh ekspresi wajah bias ditandai oleh seseorang sebagai sebagai stimulus
    3.komunikasi punya dimensi isi dan hubungan
                Setiap pesan komunikasi mempunyai dimensi isi dimana dari dimensi ini tersebut kita bias memprediksi dimens ihibingan yang ada di atara pihak-pihak yang  melakuka proses komunikasi.percakapan dua orang sahabat dan anatara dosen dan mahasiswa dikelas berbeda memiliki dimensi yang berbeda.
    Dimensi isi disandi secar verbal,sementara dimensi hubungan disandi secara non  verbal.dimensi isi di isi dengan muatan komunikasi ,yaitu apa yang dikatakan .sedangkan isi hubungan menunjukan bagaimana cara mengatakan dan juga mengisyaratkan bagaimana hubungan para peserta komunikasi itu dan bagaimana sehrusnya pesan itu ditafsirkan.
    4.komunikasi itu berlangsung dalam berbagai tingkat kesengajaan
                Setiap tindakan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang bias terjadi mulai dari tingkat kesengajaan yang rendah artinya tindakan komunikasi yang tidak direncanakan ,sampai pada tindakan komunkasi  yang betul-betu disengaja
                Niat atau kesengajan bukan hal mutlak bagi seseorang untuk berkomunikasi.dalam komunikasi antara Orang-orang yang berbeda budaya  ktidak sengajaan berkomunikasi ini lebih relevan lagi untuk kita perhatikan.banyak kesalah pahaman antar budaya sebenarny disebabkan oleh prilaku seseorang yang tidak sengaja yang dipersepsi,ditafsirkan dan direspon oleh budaya lain.
    5.komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu
                Pesan komunikasi ynag disampaikan oleh komunikan baik secara verbal maupn non verbal disesuaikan dengan tempat  dimana proses komunikasi tersebut berlangsung kepad pesan itu disampaikan dan kapan itu berlangsung.
                Waktu jug amemperngaruhi makna terhadap suatu pesan.dering telepon pada tengah malam atau dini hari akan dipersepsi lain bila dibandingkan dengan dering telepon siang hari.dering telepon pertama itu mungkin berita yang sangat penting sekali,misalny auntuk mengabarkan ornag sakit ,kecelakan atau meniggal.
    6.komunikasi melibatkan prediksi peserta komunikasi
                Tidak dapat dibayangkan jika sesorang melakukan tindakan komunikasi di luar norma yang berlaku dimasyarakat.jika kita tersnyum maka kita memprediksi bahwa pihak penerima akan membalas dengan senyuman,jika kita menyapa seseorang maka orang tersebut akan membalas sapaan kita.
                Ketika orng-orang berkomunikasi  ,mereka meramalkan efek prilaku komunikasi mereka.dengan kata lain,komunikasi juga terikat dengan aturan tatakrama.artinya orang-orang memilih strategi tertentu berdasrkan bagaimana orang yang menerima pesan akan direspon.
    7.komunikasi itu bersipat sistematik
                Dalam diri setiap orang mengandung sisi internal yang dipengaruhi oleh latar belakang nudaya,nilai,adat,pengalaman dan pendidikan.bagaimana seseorang berkomunikasi dipengaruhi beberapa hal internal tersebut.
    8.semakin mirip latar belakang sosial budaya semakin efektiplah komunikasi
                Jika dua rang melakukan komunikasi berasal dari suku yang sama,penidikan yang sama maka aka nada kecenderungan dua pihak tersebut mempunyai bahan yang sama untuk saling dikomunikasikan kedu apihak mempunyai makna yang sama terhdap simbo yang saling ditukarkan.
    9.komunikasi bersiapt nonkonsekuensi
                Proses komunikasi bersipat sirkular dalam arti tidak berlangsung satu arah.melibatkan respon atau tanggapan sebagai bukti bahwa pesan yang dikirimkan itu diterima dan dimengerti.
    10.komunikasi bersipat prosesual,dinamis dan transaksional
                Konsekuensi dari  prinsip bahwa komunikasi  adalah sebuah proses komunikasi itu dinamis dan transaksional.ada proses saling member dan menerima informasi antara pihak ynag melakukan komunikasi.
    11.komunikasi bersipat irreversible
                Setiap orang yang melakukan proses komunikasitidak dapt mengontrol sedemikian rupa terhadp efek yang ditimbulkan oleh pesan yang ditimbulkan oleh pesan yang dikirimkan.komunikasi tidak dapt ditarik kembali jika seseorang sudah berkata menyakiti orang lain.maka efek sakit hati tidak akan hilang nbegitu saja pada diri sendiri orang tersebut.
    12.komunikasi bukan panasea untuk menyelesaikan berbagi masalah
                Dalam arti bahwa komunikasi bukan satu-satunya obat mujarab yang dapat digunakan untuk menyelesaikan maslah .banyak persoalan dan konflik antar manusia disebabkan oleh masalah komunikasi .namun komunikasi bukanlah pasnasea untuk menyelesaikan maslah atau konflik itu,karena konflik atau persoalan tersebut mungkin berkitan dengan maslah structural.
    B.prinsip-[rinsip komunikasi efektip
    1.prinsip respect
                Prinsip pertama dalam mengembangkan komunikasi yang efktip adalah sikap menghargai setiap individu yang akan menjadi sasaran pesan yang disampaikan .guru dituntut untuk memahami bahwa ia harus bias menghargai setiap orang siswa ynag dihadapinya.rasa hormat dan rasa saling menghargai merupakan prinsip ynag peertama dalam berkomunikasi.
                 Salah satu prinsip ynag paling  dalam sipat dasar manusia adalah kebutuhan untuk dihargai,penghargaan terhadap individu adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi.
    2.prinsip emphaty
                Empati adalah kempuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain.salah satu persyaratan utamadalam memiliki sikap empati adlah kemampuan kita untuk mendengarkan atau mengerti erlebih dahulu sebelum didengarkan atau dmengerti oleh orang lain.
                Dengan memahami dan mendengarkan orang lain terlebih dahulu ,kita dapat membangun kterbukaan dan kepercayaan yang kita perlukan dalam membanun kerjasama atau sinergi dengan ornag lain.
    3.prinsip audible
                Dapat didengarkan atau dimiengerti dengan baik berbeda dengan prinsip yang kedua yakni empati dimana guru harus mendengar terlebih dahulu  ataupun mampu menerima umpan balik dengan baik ,maka audible adlah menjamin bahwa pesan yang disampaikan dapat diteriam olehpenerima pesan dengan baik.
    4.prinsip clarity
                Adalah sebuah kejelasan dari is ipesan yang disampaikan suapaya tidak menimbulkan multi interpretasi atau berbagai macam penafsiran atau clarity dapat pula keterbukaan dan transparasi.dalam berkomunikasi kita perlu mengembangkan sikap terbuka  sehingga dapt menimbulkan rasa percaya.
    5.prinsip humble
                Dalam mebangun komunikasi yang efektip adalah sikap rendah hati yang ,sikap ini merupakan unsure yang terkait dengan hokum pertama untuk membangun rasa menghargai orang lain,biasanya didasari oleh sikap rendah hati yang dimiliki.rendah hati merupakan suatu cara agar  orang lain merasa nyaman karena ia mersa sejajar sehingga memudahkan komunikasi dalam dua arah

    0 komentar:

    Posting Komentar